Berbagi Ilmu Untuk Pebisnis Pemula


Wahai anak muda yang masuk ke dunia bisnis! Apa yang terpenting bagimu?

Mau akselerasi cepat? Cepat sukses ?

Ikuti tips berikut ini...

1. Fokus
Kebanyakan pengusaha pemula susah fokus. Jika kamu masih menjadi kutu lompat atau palugada, oke saja, tapi itu belum disebut pebisnis, melainkan sedang latihan bisnis. Ada saatnya kamu lulus dan menikahi salah satu, kemudian beranak pinak.

Pilih satu yang paling berpotensi di masa sekarang dan mendatang. Saya tidak akan mempermasalahkan hal passion-mu. Yang penting kamu mau menjalankan dengan penuh komitmen. Investor akan takut dengan pengelola yang tidak fokus. Kecuali jika posisimu adalah investor (anak orang kaya), boleh tidak fokus. Tp siap2 rugi.

2. Gunakan Internet
Pemuda otaknya masih encer, harus melek teknologi. Kalau kamu berkata "Aku gaptek!", ke laut aja sono.. *PLAAKK*.
Internet adalah DAYA UNGKIT BISNIS, menembus ruang dan waktu. Cek orang terkaya yang termuda (dibawah 40 tahun) di dunia, jika bisnisnya bukan warisan, bisa dipastikan akan bersentuhan dengan dunia online (internet). Warren Buffet membutuhkan waktu 23 tahun untuk meraup US$ 1 juta pertama.
Bill Gates menempuhnya dalam 8 tahun.
Jeff Bezos (amazon) hanya perlu 3 tahun.

Saat ini sudah banyak pemuda yang meraih US$ 1 juta dalam waktu kurang dari 1 tahun. Media sosial salah satu akseleratornya.

3. Hindari Produksi
Anak muda kebanyakan belum matang secara kepemimpinan. Sangat lambat jika harus masuk ke ranah produksi. Alih dayakan produksi ke ahlinya. Indonesia berlimpah 'tukang jahit' (produsen), namun kekurangan pemasar (brand owner). Generasi tua memproduksi, generasi muda memasarkan.

4. Pilih Produk yang Bisa Di-online-kan @ThePayTren
Sebisa mungkin, pilih produk yang mudah didistribusikan secara online (dipaketkan). Jika produkmu susah dikirimkan (paket) keluar kota, maka akan terkendala distribusi. Mau tidak mau harus membuka outlet fisik. Misalnya puding, jika dipaketkan akan jadi bubur. Tentu membutuhkan outlet fisik. Akan relatif lebih rumit membangun saluran distribusi konvensional (offline) dibanding online. "Inilah jaman keemasan bagi generasimu, dimana kamu akan relatif lebih cepat sukses dari orang tuamu."

The PayTren.
@ThePayTren
t.me/ThePayTren

Comments

Post a Comment

Popular posts from this blog

Kebutuhan Air Tanaman

CARA MENINGKATKAN PRODUKTIVITAS (OUTPUT) PEMANEN KELAPA SAWIT

Sadar Bisnis